Moral, Etika dan Hukum
Moral adalah tradisi kepercayaan
mengenai perilaku yang benar dan yang salah. “Melakukan apa
yang secara moral benar,” adalah landasan dasar perilaku sosial kita.
Etika(ethics) adalah sekumpulan kepercayaan, standar,
atau teladan yang mengarahkan, yang merasuk ke dalam seseorang atau
masyarakat.
Hukum (law) adalah peraturan perilaku formal yang
ditetapkan oleh otoritas yang berwenang, seperti pemerintah, terhadap
subjek atau warga negaranya
Budaya Etika
·
Kebutuhan Akan Budaya Etika
Jika perusahaan dituntut untuk berlaku
etis, maka manajemen tingkat tinggi harus bersikapetis dalam segala
sesuatu yang dilakukan dan dikatakannya. Manajemen tingkat atas
harus memimpin melalui contoh.Perilaku ini disebut dengan budaya
etika.
·
Budaya Etika Diterapkan
Tugas dari manajemen tingkat atas adalah
untuk meyakinkan bahwa konsep etikanya merasuk ke seluruh organisasi,
dan turun ke jajaran bawah sehingga menyentuh setiap
karyawan. Implementasi ini dapat dilalui melalui tiga tingkat,
dalam bentuk kredo perusahaan, program etika, dan kode perusahaan yang
telah disesuaikan.
Kredo perusahaan (corporate credo) adalah pernyataan
singkat mengenai nilai-nilai yang ingin dijunjung perusahaan
Program etika (ethics program) adalah upaya yang terdiri
atas berbagai aktivitas yang didesain untuk memberikan petunjuk
kepada para karyawan untuk menjalankan kredo perusahaan.
·
Hak sosial dan komputer
Masyarakat tidak hanya
mengharapkan pemerintah dan dunia usaha untukmenggunakan komputer secara
etis, namun juga menuntut beberapa hak yang berhubungan dengan
komputer.
·
Etika dan CIO (chief information
officer)
Pelayanan informasi hanyalah merupakan
satu unit di dalam struktur organisasi, namun berada pada posisi kunci
yang memiliki pengaruh terbesar dalam memenuhi tuntutan
pemerintah maupun masyarakat akan pelaporan keuangannyang akurat.
CIO dapat memenuhi ekspektasi
pelaporan mkeuangan dengan cara mengikuti program
yang mencakup:
1. Mencapai tingkat pemahaman yang lebih baikakan pemahaman prinsip-prinsip
akuntansi
2. Mempelajari sitem informasi yang menyelesaikan laporan keuangan
dan mengambil tindakan perbaikan
3. Mendidik eksekutif perusahaan mengenai sistem-sistem keuangan
4. Mengintegrasikan ke dalam sistem informasi alarm yang memperingatkan
eksekutif terhadap aktivitas yang membutuhkan perhatian
5. Secara aktif berpartisipasi di dalam memberikan informasi keuangan
kepada elemen lingkungan
6. Mengendalikan dengan
ketat keuangan yang dihabiskan untuk sumber daya informasi
0 komentar:
Posting Komentar